Sand Filter

Sand filter merupakan filter penyaring air yang berfungsi untuk menghilangkan kekeruhan di air. Contoh kekeruhan di air adalah warna kecoklatan pada air sungai atau pada air sumur bisa juga air PDAM

Kekeruhan dapat disebabkan karena terdapatnya lumpur, tanah, lumut-lumutan atau ganggang tumbuhan kering pada sumber air, sehingga pada saat akan digunakan air terlihat kotor. Namun hal ini bukan menjadi masalah besar apabila kita menggunakan sand filter.

Filter ini bisa digunakan untuk kebutuhan industri, gedung, kolam renang, rumah tinggal dan keperluan lainnya.

Sand filter terdiri dari sebuah tangki atau tabung dengan berbagai ukuran sesuai kapasitas air yang akan dialirkan dengan menggunakan media filtrasi sand silika di dalamnya. Sand silika berupa pasir yang berasal dari pasir laut, yang mempunyai berbagai ukuran. 

Fungsi sand silika tersebut adalah menahan lumpur-lumpur dan tanah yang melewatinya, karena tumpukan media sand silika tersebut mempunyai pori-pori yang sangat kecil hingga 1 mikron, sehingga tanah, lumpur, ganggang serta lumut-lumutan di air tertahan sehingga air yang keluar dari sand filter tersebut menjadi jernih.

Terdapat berbagai ukuran sand silika, dapat digunakan sesuai kebutuhan.  

pasir silika 4
pasir silika 2a
pasir silika 5
pasir silika 6

Sand Filter dapat dioperasikan dengan 2 macam cara backwash, yaitu proses pencucian media sand setelah digunakan beberapa waktu tertentu dengan cara pengoperasian valve:

  • Dengan cara manual back wash (Manual backwash adalah pengoperasian menggunakan manual valve)  Dengan memutar valve ke arah backwash selama 5 menit, kemudian diarahkan pada valve rinse 1 menit, kemudian diarahkan pada valve operasi, artinya filter sudah selesai dicuci dan siap untuk berfungsi sebagai filter air yang mengurangi problem kekeruhan di air.
  • Dengan cara automatic backwash (Automatic backwash adalah pengoperasian dengan menggunakan automatic valve) Back wash dilakukan dengan menyeting valve sesuai kebutuhan, tidak perlu memutar-mutar valve selama prosesnya

Untuk ukuran filter ini sendiri terdapat berbagai macam, disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah tabel ukurannya, lengkap dengan kapasitas flow yang dibutuhkan.

Produk ini bisa didapatkan di official store kami di Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, atau Lazada. Anda juga dapat menghubungi sales kami di nomor telepon (WA) 081319777250.

Pemesanan Langsung
[mailpoet_form id="1"]
+6281319777250
Scroll to Top