Filter Tank

Filter tank (tangki penyaring) merupakan komponen krusial dalam sistem water treatment (pengolahan air). Filter tank berperan penting dalam proses menyaring partikel-partikel padat yang terdapat dalam air, sehingga menjaga kualitas dan kebersihan air yang diolah. Artikel ini akan menjelaskan apa itu filter tank, menguraikan kegunaannya, serta menjelaskan di berbagai bidang mana saja filter tank dapat diterapkan.

Pengertian Filter Tank:

Filter tank adalah wadah yang dirancang khusus untuk proses  penyaringan partikel-partikel padat yang terdapat dalam air. Biasanya, filter tank  berisi media filtrasi yang berfungsi sebagai penyaring utama, yang memisahkan kotoran dan partikel-partikel kecil dari air yang mengalir melalui tangki tersebut.

Kegunaan Filter Tank dalam Water Treatment:
  1. Penyaringan Mekanis: Filter ini bertugas menyaring partikel-partikel kasar seperti pasir, kerikil, lumpur, dan bahan organik lainnya. Proses ini penting untuk menghilangkan partikel-partikel tersebut yang dapat menyebabkan air terlihat kotor, berbau, atau berwarna.
  2. Penghilangan Zat Terlarut: Filter ini juga dapat membantu menghilangkan zat-zat terlarut seperti klorin, zat besi, mangan, dan bahan kimia lainnya yang dapat mempengaruhi rasa, bau, dan kejernihan air.
  3. Penyaringan Mikrobiologi: Filter tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan mikroorganisme patogen, seperti bakteri dan virus, dari air. Proses ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit melalui air yang dikonsumsi.
  4. Peningkatan Kehidupan akuatik: Filter ini juga diterapkan dalam akuakultur atau kolam ikan. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel makanan yang terlarut dalam air kolam agar kondisi air tetap bersih dan sehat bagi kehidupan ikan.
  5. Penggunaan Industri: Filter tersebut digunakan dalam berbagai industri, seperti industri makanan dan minuman, industri farmasi, dan industri kimia. Fungsinya adalah menyaring air yang digunakan dalam proses produksi, agar air tersebut memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan tidak mengandung kontaminan yang dapat merusak produk.
  6. Aplikasi Rumah Tangga: Filter jenis ini sering diterapkan di rumah tangga untuk menyaring air minum. Filter ini dapat menghilangkan partikel-partikel kecil, zat-zat terlarut, dan bahan kimia berbahaya yang mungkin ada dalam air keran, sehingga menghasilkan air yang lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi.

Filter tank memainkan peran penting dalam pengolahan air dengan menyaring partikel-padat, zat-zat terlarut, dan mikroorganisme patogen dari air. Filter ini juga digunakan di berbagai bidang, mulai dari pengolahan air minum, industri, akuakultur, hingga penggunaan rumah tangga. Kegunaan filter tank meliputi penyaringan mekanis, penghilangan zat terlarut, penyaringan mikrobiologi, peningkatan kehidupan akuatik, penggunaan industri, dan aplikasi rumah tangga.

Dalam penyaringan mekanis, filter tersebut bertugas menghilangkan partikel-partikel kasar seperti pasir, kerikil, lumpur, dan bahan organik lainnya yang dapat membuat air terlihat kotor atau berwarna. Proses ini penting untuk menjaga kejernihan dan penampilan air yang dihasilkan.

Penghilangan zat terlarut adalah fungsi penting lain dari filter tank. Beberapa zat terlarut yang dapat dihilangkan meliputi klorin, zat besi, mangan, dan bahan kimia lainnya yang dapat mempengaruhi rasa, bau, dan kejernihan air. Filter ini membantu menjaga kualitas air dengan menghilangkan kontaminan tersebut.

Penyaringan mikrobiologi juga dilakukan menggunakan filter ini. Mikroorganisme patogen seperti bakteri dan virus dapat menjadi ancaman kesehatan jika terdapat dalam air yang dikonsumsi. Dengan menggunakan filter ini, mikroorganisme tersebut dapat disaring dan dihilangkan, sehingga air yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi.

Dalam konteks akuakultur atau kolam ikan, filter itu berperan penting dalam menjaga kondisi air yang sehat bagi kehidupan akuatik. Filter ini menyaring kotoran dan partikel-partikel makanan yang terlarut dalam air kolam, mencegah penumpukan yang dapat merusak kesehatan ikan dan organisme akuatik lainnya.

Di industri-industri seperti makanan dan minuman, farmasi, dan kimia, filter tersebut juga digunakan untuk menyaring air yang digunakan dalam proses produksi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa air memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan tidak mengandung kontaminan yang dapat merusak produk.

Tidak hanya dalam skala industri, filter tank juga banyak diterapkan dalam aplikasi rumah tangga. Banyak rumah tangga menggunakan filter ini untuk menyaring air minum. Dengan menyaring partikel-partikel kecil, zat-zat terlarut, dan bahan kimia berbahaya, filter itu dapat menghasilkan air yang lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi oleh keluarga.

Secara keseluruhan, tangki filter ini adalah komponen penting dalam sistem water treatment yang bertanggung jawab atas penyaringan partikel-padat, zat-zat terlarut, dan mikroorganisme patogen dari air. Dengan berbagai kegunaannya, filter ini diterapkan dalam berbagai bidang, mulai dari pengolahan air minum, industri, akuakultur, hingga penggunaan rumah tangga, guna menjaga kualitas air yang aman, bersih, dan sehat bagi penggunaannya.

Sand Filter

Jenis Filter Tank

Ada beberapa jenis filter tank yang digunakan dalam water treatment. Berikut adalah beberapa contoh  yang umum diterapkan:

  1. Filter  Pasir (Sand Filter):

Filter tank pasir adalah jenis filter tank yang paling umum digunakan dalam water treatment. Filter  ini menggunakan media pasir sebagai media filtrasi utama. Air yang mengalir melalui filter tank pasir akan melewati lapisan pasir yang bertindak sebagai penyaring, menyaring partikel-partikel padat dan kotoran lainnya.

  1. Filter  Karbon Aktif (Carbon Filter):

Filter tank karbon aktif menggunakan media karbon aktif sebagai media filtrasi. Karbon aktif memiliki kemampuan untuk menghilangkan zat-zat terlarut seperti klorin, bahan organik, dan bau yang tidak diinginkan dari air. Filter  karbon aktif sering digunakan untuk penyaringan air minum.

  1. Filter   Multimedia:

Filter  multimedia menggunakan kombinasi media filtrasi seperti pasir, kerikil, dan antrasit. Media filtrasi yang berbeda ini memiliki ukuran partikel yang berbeda dan digunakan untuk menyaring partikel dengan efisiensi yang lebih tinggi. Filter  multimedia efektif dalam menyaring partikel kasar dan halus dari air.

  1. Filter  Saringan Halus (Microfilter Tank):

Filter  saringan halus atau microfilter digunakan untuk penyaringan yang lebih halus. Filter ini biasanya menggunakan membran atau saringan dengan ukuran pori yang sangat kecil, yang mampu menyaring partikel-partikel sangat kecil, termasuk bakteri dan virus. Filter  saringan halus umumnya diterapkan dalam industri farmasi atau penyaringan air ultra-murni.

  1. Filter  Membran Reverse Osmosis (RO):

Filter  membran reverse osmosis menggunakan teknologi membran RO untuk menyaring air dengan sangat efektif. Membran RO memiliki ukuran pori yang sangat kecil, sehingga mampu menyaring partikel-partikel terkecil, termasuk garam, mineral, dan kontaminan lainnya. Filter tank RO umumnya digunakan dalam pengolahan air minum, pengolahan air laut menjadi air tawar, dan aplikasi industri yang membutuhkan air berkualitas tinggi.

  1. Filter  Ultrafiltrasi:

Filter  ultrafiltrasi menggunakan teknologi membran ultrafiltrasi yang memiliki ukuran pori lebih besar dari RO, tetapi masih mampu menyaring partikel-partikel mikro. Filter  ini umumnya digunakan dalam aplikasi industri yang memerlukan penyaringan yang lebih halus, seperti industri makanan dan minuman.

Jenis filter  yang digunakan dalam water treatment dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik pengolahan air dan tingkat kebersihan yang diinginkan. Setiap jenis filter tank memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan tujuan filtrasi air yang ingin dicapai.

Untuk pemesanan di PT Wira Tirta Lestari bisa hubungi 081319777250

Tabung FRP Filter Tank 3672 jual pressure tank
Tabung FRP Filter Tank 2162 jual pressure tank
Static overlay
MARKET PLACE
Blibli
Kantor

Alamat: Ruko Maison Avenue Blok MA No. 91, Limus Nunggal, Kotawisata, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820
Email: sales@wiratirta.co.id
Telepon: +62 813-1977-7250
Operasional: Senin - Jumat (08.30-17.00 WIB)

Follow Us
Youtube
+6281319777250