Kegunaan Carbon Filter Bagi Air

Carbon Filter

Kegunaan Carbon Filter dalam  filter air adalah sebagai media filtrasi. Karbon aktif memiliki permukaan yang sangat luas dan porositas tinggi, membuatnya efektif untuk mengikat bahan-bahan kontaminan, seperti chlorine, bau, rasa, dan berbagai jenis polutan organik.

Carbon filter digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk sistem air minum, air conditioning, dan pengolahan air limbah, untuk menghilangkan bau dan warna pada air dan menghasilkan air yang bersih serta sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, Filter air ini berfungsi untuk mengikat dan menguraikan partikel dan kontaminan melalui proses adsorpsi. Carbon filter juga sering digunakan bersama dengan filter mekanik lainnya seperti  Sand FilterSoftener Filter  untuk memastikan air menjadi tetap bersih, jernih, dan sehat.

Diagram of how activated carbon works, showing molecules being trapped inside the pores

Carbon filter dalam proses water treatment bekerja dengan memanfaatkan kapasitas dari material karbon aktif untuk mengikat dan menghilangkan bahan-bahan kontaminan, seperti  chlorine, bau dan rasa yang tidak diinginkan, serta berbagai jenis polutan organik. Proses ini terjadi melalui proses adsorpsi, di mana molekul-molekul kontaminan melekat pada permukaan karbon aktif. Dalam beberapa kasus, penambahan bahan kimia seperti  kalsium hidroksida  dapat digunakan untuk membantu mengikat logam berat yang mungkin ada dalam air. Setelah melewati filter karbon, air yang bersih kemudian didorong keluar dengan pompa dan siap untuk digunakan.

Carbon filter memiliki beberapa kegunaan utama:

1. Pembersihan air

Carbon filter digunakan untuk menghilangkan bahan-bahan kontaminan, seperti chlorine, bau, rasa, dan polutan organik dari air minum dan air yang digunakan untuk berbagai aplikasi lainnya.


Improvisasi Kualitas Air

2. Improvisasi kualitas air

Carbon filter membantu meningkatkan rasa, bau, dan warna air sehingga lebih sehat dan menyegarkan untuk dikonsumsi.


Pembuangan Bahan Berbahaya Dari Air

3. Pembuangan bahan berbahaya

Carbon filter efektif dalam mengikat dan menghilangkan bahan-bahan berbahaya seperti logam berat,  pesticide, dan bahan kimia lain yang mungkin terdapat dalam air.


Carbon Filter For Air Conditioning

4. Penggunaan pada sistem AC

Carbon filter juga digunakan dalam sistem air conditioning untuk menyaring udara dan membuang bau yang tidak sedap dan polusi udara.


 
Aplikasi Pengolahan Air Limbah

5. Aplikasi pengolahan air limbah

Carbon filter juga digunakan dalam pengolahan air limbah untuk menghilangkan bahan-bahan kontaminan yang tidak diinginkan sebelum air tersebut dikembalikan ke lingkungan.

Itulah berbagai kegunaan  Carbon Filter.  Penting juga untuk mengetahui kapan media Carbon Filter sudah harus diganti. Media Carbon perlu diganti secara berkala untuk memastikan efisiensinya.

Berikut adalah tanda Karbon Aktif sudah harus diganti :

1. Rasa air berubah menjadi tidak enak.

Perlu untuk diperhatikan rasa dari air yang kita komsumsi. Walaupun air terlihat jernih, tetapi kita tidak tahu kandungan yang di dalamnya sudah terfilter dengan baik atau tidak. Jika air yang semula kita minum terasa baik-baik saja mulai berubah menjadi tidak enak, maka tandanya karbon aktif perlu diganti.

2. Air terlihat keruh dan berbau.

Jika karbon aktif digunakan untuk menyaring air limbah tetapi setelah beberapa waktu air limbah terlihat keruh dan berbau kembali, maka tandanya karbon aktif harus segera diganti.

+6281319777250
SiteLock