Ketahuilah Manfaat dan Dampak Sinar Ultraviolet Bagi Tubuh

Dampak sinar ultraviolet bisa berbahaya bagi tubuh. Namun ada pula manfaatnya. Kita sering kali menghindari sinar matahari karena sinar matahari dianggap dapat merusak kondisi kulit dan mengubah kulit kita menjadi gelap. Padahal, tubuh justru akan mendapatkan banyak manfaat bila terkena paparan sinar  ultraviolet  yang cukup.

Berikut ini adalah berbagai manfaat sinar matahari bagi tubuh kita.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

dampak sinar ultraviolet tidur

Riset menunjukan bahwa satu jam sinar matahari di pagi hari, dapat membantu tidur malam kita menjadi lebih nyenyak. Sinar matahari membantu mengatur ritme sikradian, dengan memberi sinyal ke tubuh kapan harus meningkatkan dan menurunkan kadar melatonin. Semakin banyak tubuh kita mendapatkan paparan sinar ultraviolet di pagi hari, maka akan lebih baik bagi tubuh kita dalam memproduksi melatonin saat tidur.

2. Mengurangi Stress

dampak sinar ultraviolet pusing

Sinar matahari adalah dapat mengurangi stres, karena paparan alami sinar matahari di luar ruangan, akan membuat tubuh meregulasi melatonin yang akan membantu mengurangi kadar stres.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

dampak sinar ultraviolet lari

Kalian tentunya pasti sudah tahu, bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan vitamin D dalam tubuh kita. Vitamin D membantu tubuh untuk menjaga kalsium dan mencegah tulang dari kerapuhan, menipis, dan rusak.

4. Menurunkan Berat Badan

dampak sinar ultraviolet beban

Berada di bawah sinar matahari selama 30 menit antara jam 8 pagi dan di siang hari dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Tentu saja ada faktor lain yang menyebabkan hal ini terjadi. Namun, paparan sinar ultraviolet di pagi hari juga menjadi salah satu faktor penurunan berat badan.

5. Kunci Panjang Umur

Sebuah studi yang diikuti oleh 30.000 wanita di Swedia menunjukkan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu lebih lama di bawah sinar matahari dapat hidup enam bulan hingga dua tahun lebih lama dari pada mereka yang jarang terkena sinar matahari. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menunjukkan keterkaitan antara paparan sinar matahari dengan usia seseorang.

Dampak Sinar Ultraviolet yang Harus Diwaspadai

Walaupun sinar matahari bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kitan, tetapi juga dapat menimbulkan efek samping buruk jika tubuh kita terpapar sinar matahari terlalu lama.

Dilansir dari laman CDC, Rabu (27/04/2022), berikut ini adalah beberapa dampak buruk paparan sinar ultraviolet yang berlebih :

  1. Berada terlalu lama di bawah sinar matahari akan menyebabkan terjadinya sunburn, kemerahan dan nyeri saat kulit disentuh. Biasanya akan muncul beberapa jam setelah terpapar sinar  UV. Sejumlah obat rumahan bisa mengurangi gejala sunburn, tapi kemerahan baru akan hilang dalam beberapa hari berikutnya.
  2. Beberapa obat oral dan topical, seperti antibiotik, pil KB, dan produk benzoil peroksida, serta beberapa kosmetik, dapat meningkatkan sensitivitas kulit dan mata terhadap sinar UV.
  3. Paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan resiko penyakit mata, dan jika tidak menggunakan pelindung yang tepat, dapat beresiko fatal seperti kebutaan.
  4. Efek paparan sinar ultraviolet yang berlebih selanjutnya adalah kanker kulit. Dua jenis kanker kulit yang paling umum yakni kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Biasanya, mereka terbentuk di kepala, wajah, leher, dan lengan karena paling sering terpapar sinar ultraviolet.

Paparan sinar matahari selagi diterima dalam batas yang wajar, akan memberikan manfaat bagi tubuh. Namun jika berlebihan, dapat memberikan efek buruk dan membahayakan kesehatan tubuh.

+6281319777250
SiteLock